Minggu, 06 November 2011

mengenal bapak koperasi indonesia


Bapak koperasi di indonesia adalah mohammad hatta beliau lahir pada tanggal 12 agustus 1902 di bukit tinggi
Di kota bukit tinggi beliau di besar kan oleh ibunya, karena pda usia delapan bulan beliau ayah beliau meninggal
Pada tahun 1921 Hatta tiba di Negeri Belanda untuk belajar pada Handels Hoge School di Rotterdam. Ia mendaftar sebagai anggota Indische Vereniging.
Pada tahun 1950-1956 beliau menjadi wakil preside indonesia Sesudah Bung Hatta meletakkan jabatannya sebagai Wakil Presiden RI, beberapa gelar akademis juga diperolehnya dari berbagai perguruan tinggi. Universitas Padjadjaran di Bandung mengukuhkan Bung Hatta sebagai guru besar dalam ilmu politik perekonomian. Universitas Hasanuddin di Ujung Pandang memberikan gelar Doctor Honoris Causa dalam bidang Ekonomi. Universitas Indonesia memberikan gelar Doctor Honoris Causa di bidang ilmu hukum. Pidato pengukuhan Bung Hatta berjudul “Menuju Negara Hukum”.
Beliau adalah seorang yang sangat bertanggung jawab dan disiplin itu yang menjadikan ciri khas dari sifat beliau Dia juga aktif membimbing gerakan koperasi untuk melaksanakan cita-cita dalam konsepsi ekonominya. pada tanggal 17 Juli 1953 dia diangkat sebagai Bapak Koperasi Indonesia pada Kongres Koperasi Indonesia di Bandung




Tidak ada komentar:

Posting Komentar