Senin, 02 April 2012

cara memasang power window untuk mobil xenia



cara memasang power window untuk mobil xenia

Sebagai bagian dari mobil sejuta umat, Daihatsu Xenia punya banyak varian, selain sepupunya Toyota Avanza tentunya. Nah, dari berbagai varian yang ada, tentu bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan saat ingin meminang kendaraan. Lantas bagaimana kalau setelah mobil dipakai, ada fitur yang dirasa kurang?

Awalnya memang disebut kompromi, namun tenang, masih bisa diakali kok. Salah satunya fitur power window yang hanya hadir buat Daihatsu Xenia kasta tinggi. Buat yang belum pakai, jangan kecil hati dulu. Karena tuas pemutar buat membuka tutup jendela bisa diganti pakai tombol. Ya, silahkan pilih berbagai peranti power window yang ada di pasaran. Apa saja ragamnya?

ORISINAL ATAU AFTERMARKET?
Inilah nikmatnya punya mobil yang populasinya seabrek. Karena pilihan spare parts maupun aksesori bisa beragam. Bicara power window saja bisa dihitung ada empat pilihan yang bisa disesuaikan dengan kondisi kantong.

Misalnya, buat Anda yang perfeksionis dan ingin ubahan pembuka jendela rapi jali bak baru keluar dari showroom. Gampang, tinggal cari komponen orisinal yang memang dipakai varian Xenia yang sudah punya power window. Buat komplitnya, bisa lihat pada boks sidebar di bawah.

[Image: daihatsuxenia02-Arseen.jpg]
- gir tambahan

[Image: daihatsuxenia03-Arseen.jpg]
Viola dan Super dipasangkan ke as regulator asli pakai Viola tersedia untuk 2 pintu saja

[Image: daihatsuxenia04-Arseen.jpg]
Bentuk super mirip Viola tetapi bisa buat empat pintu

[Image: daihatsuxenia05-Arseen.jpg]
Produk tanpa nama sudah dapat regulator dan motor


Di pasar aftermarket, bursa power window lebih ramai. Seperti ada paket power window universal, bisa buat semua mobil. Salah satunya juga bisa buat Xenia. "Ada merek Viola yang harganya Rp 700 ribu dan Super Rp 1,65 juta," ujar Aeng, pemilik gerai Sumber Motor di Pasar Mobil Kemayoran, Jakpus.

Pada Viola, hanya ada dua motor, sehingga hanya bisa pasang buat dua pintu saja. Misalnya hanya kedua pintu depan. Kaca pintu belakangnya tetap pakai engkol. Memasang peranti ini tergolong mudah, karena dipasangkan pada as pemutar kaca pada regulator asli. Kemudian motornya tinggal diikat di bagian mana pun di pintu.

[Image: daihatsuxenia06-Arseen.jpg]
Motor mirip dengan orisinal

Mekanisme kerjanya, motor menarik tali sling untuk memutar gigi di ujung alat. Gigi ini punya banyak ragam ukuran untuk menyesuaikan as regulator kaca pada mobil yang akan dipasang. Sedangkan door trim masih pakai aslinya, hanya dipasangi tombol power window yang sudah tersedia pada paketnya.

Power window aftermarket merek Super mirip dengan Viola, tetapi bisa buat empat pintu. Jadi, tombolnya berbeda karena ada satu sakelar sentral berisi empat tombol. Sisanya mirip dengan Viola.

Satu lagi produk aftermarket yang tampak lebih serius. "Tidak ada mereknya, tetapi komplet dengan regulator, nih. Harganya Rp 2.850.000," lanjut Aeng. Pria 42 tahun ini melanjutkan kalau rumah sakelarnya dikemas mirip sandaran tangan pada Toyota Kijang Kapsul.

Pada produk ini, mekanisme pergerakan kaca sudah pakai regulator khusus power window. Maksudnya, tidak seperti Super atau Viola yang tetap mengandalkan regulator asli, kali ini regulator sudah disediakan berikut motornya.

Jadi, regulator baru ini bisa dipasang menggantikan yang lama. Lantas door trim lama tetap dipakai namun disandingkan dengan rumah sakelar baru yang dibentuk seperti sandaran tangan. Mirip peranti orisinal, tetapi terbuat dari bahan fiberglass. Bentuk sakelar pun mirip dengan peranti orisinal. Bagaimana.
Sumber : http://www.avanzaxenia.org/showthread.php?tid=1204

Tidak ada komentar:

Posting Komentar