Senin, 02 April 2012

Pengaruh Globalisasi Terhadap Perubahan Nilai-Nilai Masyarakat

Pengaruh Globalisasi Terhadap Perubahan Nilai-Nilai Masyarakat
Globalisasi adalah suatu bentuk keterkaitan ataupun ketergantungan diantara bangsa dan manusia diseluruh dunia melalui berbagai cara seperti perdagangan, perjalanan, pertukaran budaya, sehingga batas-batas di suatu Negara menjadi semakin sempit dan mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas Negara.
Ciri-ciri globalisasi itu sendiri dapat dilihat berikut ini:
1. Perubahan dalam bentuk ruang dan waktu, contohnya saja perkembangan telephone genggam yang saat ini bukan menjadi barang mewah lagi bagi masyarakat Indonesia.
2. Pasar dan produksi internasional, contohnya begitu terbukanya persaingan antar Negara seperti yang dialami oleh Indonesia, yang harus bersaing dengan cina dalam pasar terbuka.

3. Peningkatan interaksi cultural. Contohnya saja perkembangan fashion di Indonesia yang mengasusmsi dari kebudayaan barat.
4. Meningkatnya masalah bersama. Contohnya saja Inflasi yang belum lama ini melanda Amerika serikat berdampak besar bagi Negara-negara lainnya, seperti Indonesia.

Dampak Globalisasi bagi masyarakat:
1. Dari segi politik, akan menyebarnya nilai-nilai politik kebaratan sehingga masyarakat Indonesia melupakan nilai-nilai luhur yang telah tertanam sebelumnya seperti nilai kekeluargaan dan gotong royong.
2. Dari segi ekonomi, Masyarakat akan mengikuti kebudayaan barat yaitu Konsumtif yang berlebihan terhadap suatu barang tertentu. 
3. Dari segi social budaya, Masyarakat menjadi mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan dan kebudayaan Indonesia atau yang lebih dikenal dengan westernisasi, serta memudarnya nilai-nilai apresiasi terhadap budaya local dan nilai-nilai agama yang berkembang di masyarakat.
4. Dari segi hukum, pertahanan dan keamanan, Masyarakat sering meniru perilaku buruk dari bangsa barat, seperti pergi ke tempat hiburan malam, mabuk-mabukan, sehingga akan mengganggu keamanan dan hukum bangsa itu sendiri

Sumber;   http://seputar-mahasiswa.blogspot.com/2012/03/pengaruh-globalisasi-terhadap-perubaha.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar