Pengertian Laporan
Laporan mempunyai peranan yang penting pada suatu
organisasi karena dalam suatu organisasi dimana hubungan antara atasan dan
bawahan merupakan bagian dari keberhasilan organisasi tersebut. Dengan adanya
hubungan antara perseorangan dalam suatu organisasi baik yang berupa hubungan
antara atasan dan bawahan, ataupun antara sesama karyawan yang terjalin baik
maka akan bisa mewujudkan suatu sistem delegation of authority dan
pertanggungjawaban akan terlaksana secara effektif dan efisien dalam
organisasi.
Pengertian laporan adalah bentuk penyajian fakta
tentang suatu keadaan atau suatu kegiatan, pada dasarnya fakta yang disajikan
itu berkenaan dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada si pelapor. Fakta
yang disajikan merupakan bahan atau keterangan berdasarkan keadaan objektif
yang dialami sendiri oleh si pelapor (dilihat, didengar, atau dirasakan
sendiri) ketika si pelapor melakukan suatu kegiatan.
Dalam pembuatan suatu laporan formal, bahasa yang
digunakan haruslah bahasa yang baik, jelas dan teratur. Bahasa yang baik tidak
berarti bahwa laporan itu mempergunakan gaya bahasa yang penuh hiasan,
melainkan dari segi sintaksis bahasanya teratur, jelas memperlihatkan hubungan
yang baik antara satu kata dengan kata yang lain dan antara satu kalimat dengan
kalimat lain. Penggunaan kata ganti orang pertama dan kedua harus dihindari,
kecuali penggunaan kata ”kami” bila yang menyampaikan laporan adalah suatu
badan atau suatu tugas.
Ciri-ciri Laporan
a.
Ringkas.
Dalam laporan yang ditulis hanya mengemukakan hal-hal
pokok secara ringkas yang berhubungan dengan tugasnya sehingga penerima laporan
segera mengetahui permasalahannya.
b.
Lengkap.
Laporan dapat semakin sempurna jika dilengkapi
dengan bibliografi atau sumber kepustakaan.
c.
Logis.
Laporan dianggap logis jika keterangan yang
dikemukakannya dapat ditelusuri alasan-alasannya yang masuk akal.
d.
Sistematis.
Laporan dianggap sistematik jika keterangan yamg
tulisannya disusun dalam satuan-satuan yang berurutan dan saling berhubungan
macam-macam laporan
laporan berbentuk formulir isian
laporan ini biasanya telah disiapkan blanko daftar
isian yang diserahkan pada tujuan yang akan dicapai
laporan berbentuk surat
laporan yang bentuk surat prinsipnya sama dengan
surat biasa perbedaannya terlatak pada isi dan panjang surat
laporan berbentuk memorandum
laporan berbentuk memo atau catatan pendek lebih
singkat dibanding surat.laporan ini sering digunakan dalam lingkungan
organisasi/lembaga/antara atasan dan bawahan dalam suatu hubungan kerja
laporan perkembangan dan keadaan
laporan perkembangan adalah laporan yang bertujuan
untuk menyampaikan perkembangan,perubahan yang sudah dicapai dalam usaha untuk
mencapai tujuan/sasaran yang telah ditentukan tujuannya untuk menyebarkan
kondisi yang ada pada saat laporan itu dibuat
laporan berkela
laporan berkela dibuat secara
rutin(harian,mingguan,bulanan,tahunan)misalnya laporan keuangan,produksi dan
peningkatan prestasi
laporan laboratoris/hasil penelitian
laporan laboratoris tujuannya untuk menyampaikan
hasil dari percobaan/penelitian yang dilakukan dilaboratorium
laporan formal/semi formal
laporan formal ialah laporan yang memenuhi
persyaratan-persyaratan tertentu/sistematika baku sebuah laporan ilmiah.jika
tidak lengkap menjadi laporan semi formal.
YouTube - Youtube
BalasHapusYouTube · 1xbet YouTube · Videos · Videos · Videos. YouTube 바카라 사이트 · Videos · Videos · Highlights. Videos · Videos · Videos · Highlights. Videos · Videos videodl.cc · Highlights. Videos · Highlights. Videos